Pecahan pikiran menjelang PTM Bertahap

Day 167 of 2022

Dua tahun sudah aku mendampingi Kakak sekolah online – pra TK, dan TK A. Beberapa hari lalu, ada pertemuan zoom untuk sosialisasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bulan Juli nanti. Bisa dibilang rasaya seperti baru mau masukin anak ke sekolah for the very first time.

Karena bertahap, jadi dalam 4 bulan kedepan, durasi belajarnya mulai dari 1 jam sampai pada masuk bulan kelima, menjadi 3 jam seperti seharusnya.

Kemarin-kemarin ngeluh ni ya, betapa pusing ngajarin anak sekolah dirumah. Apalagi semester pertama tahun pertama, rasanya menyesal masukin dia sekolah. hahaha. Secara daftarnya kan belum ada corona blas waktu itu. Eh, ternyata sudah 2 tahun. bukan nggak kerasa sih, lebih jadi kebiasa dan lebih nurunin standar untuk anak dan diri sendiri.

Tak disangka, ada pikiran dan perasaan aneh ditengah-tengah zoom meeting tersebut. Pertama, mulai bulan depan pada jam sekolah kakak, adeknya (17 bulan) cuma berdua sama mamanya hihi. Sementara dia dari lahir sudah bermain bersama kakaknya. Kedua, saya siap-siap kesepian walau hanya sebentar saat ini (karena kelas 1 SD denger-denger durasi jadi jauh lebih lama). Lalu saya merenung, wow, selama ini kakak menemani hari-hari saya dengan suara dan idenya, dengan pretend play dan refleksnya berantakin rumah, dengan sikap manis dan ngeyelnya yang sering mencoba mencari celah. Pikiran lain jadi ikutan nimbrung, bahwa nggak lama lagi, dia akan menghabiskan waktu di sekolah lebih lama daripada dirumah, punya kegiatan bersama temannya, entar tiba-tiba dia remaja deh, hahaha.

Lalu saya akan bersama bungsu main berdua, ke pasar, eat out, mungkin sesekali ke Living World saat jam nunggu kakak sekolah. Things that I used to do with my son when he was his sister’s age.

Gosh! This motherhood thing is just weird. I thought, the uncomfortable part is the pregnancy, the hurt and pain part is when delivery, but then it comes the hard times: to realize that children belong to God, to let them go in certain phases, and to trust them to make their own choices. (It feels hurt here below my heart – literally the heart 🙂 )

16 of June 2022

Leave a comment